Pengertian Blender
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai sebuah perangkat lunak (software) yang berbasis Open Source dan berkecimpung dalam dunia grafik komputer, terutama dalam hal desain grafis 3 dimensi. Software itu bernama Blender.
Saat pertama kali mendengar kata itu mungkin saja kita berfikir blender itu adalah sebuah alat untuk membuat jus, pop ice, ataupun bumbu masak. Namun dalam dunia grafis, blender merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ada baiknya kita menggunakan blender daripada aplikasi sejenisnya seperti 3D Max. Hal itu saya utarakan karena blender itu merupakan OSS yang bersifat freeware jadi kita tidak akan berdosa jika menggunakan ini.
Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Selain itu, software ini dalam bentuk ukuran yang kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS. Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain. Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana, yaitu :
· Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
· Ram 64Mb
· VGA 4Mb
· Disk Space 35Mb
· Windows 2000 dan lebih, Linux, Microsoft Windows, Mac OS X,IRIX Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD.
Fitur – Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
- 1. Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
- 2. Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
- 3. Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
- 4. Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
- 5. UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
- 6. Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
- 7. Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
- 8. Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
- 9. Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
- 10. Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
- 11. Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Pastinya spesifikasi seperti ini tidak dapat kita lakukan untuk penginstalan software 3D Max. Ini juga adalah salah satu keunggulan dari software blender. Tidak hanya itu keunggulan dari software blender ini. Di bawah ini saya kemukakan lebih banyak mengenai keunggulannya seperti :
a) Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.
b) Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,r endering, compositing, post production dan game creation.
c) Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
d) Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
e) Kualitas arsitektur 3D dengan berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
f) Mempunyai forum dan komunitas yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan project yang di buat.
g) File yang berukuran kecil.
h) Terlebih lagi Free atau gratis.
Tutorial Cara Menggunakan Blender
Sekarang saya akan mencoba membuat sebuah gambar meja dengan menggunakan software Blender Ver.2.60. Berikut langkah-langkah pembuatannya :
1. Pertama-tama kita buka terlebih dahulu software Blender tersebut (pastikan sudah terinstal di komputer Anda), maka akan muncul tampilan sebegai berikut :
2. Kemudian nampak pada gambar, kita ubah terlebih dahulu settingan obyek mode menjadi edit mode.
3. Lalu kita tekan tombol A pada keyboard untuk menghilangkan seleksi pada gambar
4. Kemudian kecilkan bentuk tersebut dengan cara menekan tombol Crtl + TAB pada keyboard dan pilih face/bagian yang akan di tarik untuk mengecilkan / membesarkan dengan cara klik kanan pada mouse, sehingga akan nampak seperti gambar berikut :
5. Apabila Anda kesulitan dalam membentuk sebuah gambar seperti pada langkah 4, maka Anda dapat menampilkan 4 layar posisi yang berbeda dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Q sehingga dapat memudahkan dalam membentuk gambar yang sisi-sisinya saling sinkron. Tampilannya seperti berikut :
6. Setelah bagian atas meja terbentuk, maka kita sekarang akan mencoba membuat kaki-kaki meja tersebut. Hal yang harus kita lakukan adalah pilih View pada menu toolbar kemudian klik bottom. Ini kita lakukan karena kita akan melakukan pengeditan pada bagian bawah gambar.
7. Selanjutnya kita harus membuat garis seperti tampilan berikut dengan menekan tombol Ctrl + R pada keyboard.
8. Kemudian seleksi bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja. Dengan menggunakan tombol Ctrl + TAB untuk menyeleksi bagian yang akan menjadi kaki meja dengan menekan tombol shift + klik kanan. Seperti gambar berikut :
9. Untuk memperpanjang bagian itu makan tekan tombol E pada keyboard dan gunakan mouse untuk menggeserkan (membuat panjang atau pendek), seperti gambar berikut :
10. Dan akhirnya gambar obyek meja pun telah selesai dan apabila kita ingin menghilangkan titik-titik yang ada pada gambar, maka pada pengaturan edit mode sebelumnya kita ubah kembali menjadi obyek mode. Dan berikut ini adalah tampilan setelah kita render :
Demikianlah langkah-langkah dalam pembuatan gambar obyek meja dengan menggunakan software Blender Ver.2.60. Kurang lebihnya mohon maaf. Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih.
sumber referensi :
0 Komentar